Serba-Serbi Visa Turki – Informasi Dari Pengunjung Blog


Teman-teman, setelah melakukan sedikit research di blog, ternyata banyak sekali pertanyaan tentang Turki terutama visanya. Macam-macam pertanyaanya, mulai yang hanya sekedar traveling, berbisnis,menetap sampai yang mau kawin dengan orang Turki. Sayang, aku bukan Wikipedia yang bisa menjawab segala hal. Untunglah ada beberapa pengunjung blog yang membagi pengalamannya dalam seluk-beluk urusan visa di Turki mulai dari electronic visa dan perpanjangannya, aplikasi visa yang mau tinggal sebulan dan juga 6 bulan, aplikasi visa menetap, dan sebagainya.

Dulunya, waktu pertama kali mau ke Turki, teman-teman ini yang bertanya kepadaku soal visa Turki. Sekarang mereka sudah lebih jago soal visa Turki. Mungkin teman-teman yang ingin pergi ke Turki dan punya keinginan lebih kompleks dari sekedar jalan-jalan bisa menjadikan pengalaman mereka sebagai referensi. Terimakasih kepada Rosa Amalia, Lia, dan Sofie. Berikut pengalaman-pengalaman mereka.

Rosa Amalia – Mengurus visa di kedutaan untuk tinggal di Turki lebih dari 1 bulan

Banyak yg tanya tentang Turky disini, ini saya mau berbagi pengalaman. Saya udah balik dari Istanbul tanggal 2 Juli. Ternyata, mengurus visa kedutaan Turki itu nggak ribet lho dan nggak perlu agency, deh, Saya lampirkan fotocopy paspor, rekening tabungan 3 bulan, reservasi tiket, booking hotel gratisan dr internet, dan tempat-tempat yg mau saya kunjungi, Nggak ada interview sama sekali baik langsung ataupun by phone dari kedutaan. Dan dalam satu minggu, saya, balik lagi ke kedutaan dan  paspor saya sudah dicap. Urus Visa di kedutaan lebih mahal, tembus angka 500rb DAN HARUS BAYAR PAKE UANG PAS. Pengalaman kemarin sampai harus keluar kedutaan, hanya buat menukar duit

Lia – Visa Elektronik melalui internet (VOA) untuk masa tinggal 1 bulan.

Pengalamanku ke Turki kemarin apply visa lewat internet,tidak sampai 10 menit prosesnya. Tinggal isi data sesuai paspor, terus isi nomor kartu kredit, Udah deh,bayar 25USD (dalam bentuk rupiah).
Jadi, pas berangkat ke Turkey udah tenang,visa udah di tangan.

Di Ataturk Airport, mengurus VOA agak “njlimet” bagi yg pertama kesana. Petugasnya juga rata-rata susah diajak ngomong bahasa Inggris.

Ok,semoga infornya membantu, dan have a nice trip. Turki negara yg sangat indah utk dikunjungi !!

Sofie – Perpanjang visa Turki dengan VOA untuk masa tinggal 6 bulan.

Maaf atas keterlambatan saya membalas. Saat ini saya sudah tinggal di turki hampır 6 bulan dengan vısa turis. Prosesnya sebenarnya sangat mudah untuk bisa tinggal di turki lebih dari 1 bulan. Seperti yang tertera di paspor, sebelum masa visa kita habis 1 bulan cobalah untuk membuka internet dan membuka yabancilar.iem.gov.tr (rendevu yabancılar subesi) anda klik perpanjang vısa turıs. dı VATAN SUBESI MUDURLUGU. Namun, jıka anda tınggal dı tempat teman atau saudara anda yang dı turkı, anda harus mengambıl foreıgn lıvıng wıth turkısh cıtızen sepertı saya. Ambıllah tanggal appoıntment secepatnya.jıka anda mempunyaı keıngınan untuk tinggal lebih lama. Di sana, semua yang anda butuhkan ada. Setelah itu cetak/print dokumen yang ada di computer dengan printer berwarna.

  • Siapkan foto ukuran pasport 4 lembar
  • Fotokopi paspor dan terjemahannya dalam Bahasa Turki.
  • Paspor asli.
  • Sıapkan 198 Turki Lira (TL)untuk membayar visa tınggal selama 6 bulan.
  • Dan, 25 USD perbulan jıka tanggal appoıntment anda melewatı masa habıs vısa on arrrıval. Jıka tanggal rendevu anda melewatı batas tanggal habıs vısa anda jangan takut. Tak usah untuk buru-buru menınggalkan turkı. Santaı saja, anda datang pada tanggal appoıntment. Setelah itu anda tınggal menunggu 1 mınggu kemudıan untuk datang lagı untuk mengambıl vısa turıs 6 bulan.
  • Anda harus berhatı-hati saat mencari penerjemah paspor ke bahasa turkı. dan mendapatkan stamp notarıs. Biaya terjemahan 15–25 TL per lembar dan
    60-75 TL untuk stamp notarıs. Lebih baik lagi jika punya teman orang Turki karena dia bisa menolong dalam berbıcara. karena mayoritas orang di Turki tidak bisa berbahasa Inggirs. Itu lucunya turkı:).
  • Pastıkan anda bertanya biaya penterjemahan dan stamp notaris sebelum melakukannya karena bisa saja “dikerjai” seperti teman saya yang mengalami nasib sial karena dikenakan biaya terjemahan per lembar 150 TL dan stamp notaris 200 TL per lembar.

Tambahan Dari Saya

Sepertinya website yabancilar.iem.gov.tr tidak berlaku lagi dan sebagai gantinya adalah https://e-ikamet.goc.gov.tr/  Untuk proses perpanjang visa klik First Application dan setelah itu klik I have read , understand and accept. Kemudian klik Short Term, Isi kota/provinsi tempat perpanjangan visa (contoh Istanbul),  Setelah itu klik Continue dan kemudian isi tanggal appoinment. Untuk keterangan lebih detail, bisa klik http://www.expatguideturkey.com/residence-permits// sebagai panduan. Syarat-syarat perpanjangan visa ada di sana dan dijabarkan dengan jela.

Catatan: 

Aku telah mencoba untuk meneruskan sampai tanggal appoinment, tetapi sepertinya tanggal appoinment sudah terisi penuh di kota-kota besar seperti Istanbul, Adana, Izmir, Ankara, dan lain-lain. Mungkin bisa melakukan appoinment proses perpanjangan visa di kota-kota yang lebih kecil. Tetapi seperti yang dikatakan Sofie, tak perlu panik jika tenggat berlakunya visa sudah habis dan tetap tunggu sampai mendapatkan waktu appoinment. 

Selamat menıkmatı Turki .. dan semoga bermanfaat. :-).

Copyright: Jhon Erickson Ginting

Sumber: Pengalaman Pribadi, Rosa,Lia, dan Sofie

Copyright Photo: http://www.yellali.com/advice/question/208/how-do-i-renew-my-turkish-residency-permit