Dari Hanoi Ke Kathamandu Dalam Gambar: “Vietnam”


Perjalanan dari Hanoi ke Kathmandu kulakukan sekitar 6 tahun lalu lewat darat dan udara.  Banyak hal yang mungkin telah berubah tapi paling tidak aku mau berbagi sedikit lewat gambar-gambar yang kuambil sepanjang perjalanan. Perjalanan kulakukan dari KL dengan pesawat Airasia yang belum punya penerbangan langsung ke Hanoi saat itu dan harus transit di Bangkok.

Sesuai dengan petunjuk  buku panduan “Rough Guide”  yang kubawa, aku menginap di salah satu penginapan di Old Quarter.  Tak banyak yang kulakukan di Hanoi kecuali nonton Water Puppet dan nongkrong di sekitar Old Market bersama orang-orang lokal.

Penjual "Street Food" di Old Quarter

Dua Gadis "Penjual Buah" Yang Minta Uang untuk sekali foto.

Water Puppet

No Rules in Hanoi Street

Menikmati Makanan Jalanan

Aku sempat mampir di Halong Bai dan bertemu dengan traveler asal Swiss bernama Todd.  Aku hanya sehari di Halong Bai dan langsung balik ke Hanoi sore harinya. Benar-benar kayak turis Jepang…..jalan-jalan lihat objek wisata….:-p.

Halong Bai

Halong Bai 2

Hal yang tak mengenakkan mengenakkan di hari terakhirku di Hanoi.  Ketika check out dari hotel, aku terpaksa “ribut” dengan pegawai hotel  karena mereka mau “ngompas” dengan meminta uang pajak dan segala macam yang lain yang tidak termasuk dalam harga yang mereka sebutkan ketika aku menginap disini. Hal seperti ini sangat terkenal di Vietnam dan dikenal sebagai “Hanoi Scam”.

Setelah Hanoi, aku naik kereta malam menuju Lao Cai karena aku mau menyeberang naik bus malam ke China. Sialnya, aku sudah membeli tiket bus malam di hotel tempat aku menginap di Hanoi. Aku pun kenapa tipu lagi di Lao Cai karena perwakilan hotel di Lao Cai memerbiku tiket kelas ekonomi padahal aku beli kelas VIP. Aku terkena “Hanoi Scam” untuk kedua kalinya…..:-p

Pasar Sapa, Pusat Kegiatan Orang Hmong

Aku dimarahi oleh seorang traveler wanita dari Inggris ketika aku mengambil foto wanita-wanita "Black Hmong" ini.

Kampung Orang Hmong Yang Terpencil

Dari Lao Cai, aku naik minibus menuju Sapa, kota orang Hmong.  Aku menyurusuri kampung-kampung orang Hmong di sekitar Sapa dan sampai jauh ke pedalaman dengan ojeg yang kusewa 1.5 per jam. Tukang ojeg-ku memang tahu banyak tentang orang Hmong sehingga dia membawaku ke kampung-kampung Hmong yang jarang sekali didatangi turis.

Di Rumah Orang Hmong

Wanita Hmong ini tak sadar kalau sedang kupotret

"Kerjasama", Di Sebuah Kampung Hmong

Anak-Anak Hmong

Sore hari aku kembali ke Lao Cai dan naik ojeg menuju perbatasan sebelum menyeberang ke Heikou di China. Selesailah episode perjalananku di Vietnam.

Copyright: Jhon Erickson Ginting

Sumber: Pengalaman Pribadi

Copyright Photo: Jhon Erickson Ginting

Advertisements