Perjalananku Di Tanzania dan Pulau Zanzibar Dalam Gambar


Tanzania adalah negara Afrika yang kumasuki setelah Mesir. Tadinya aku akan menyeberang ke Sudan lewat Mesir dan dari Sudan aku akan menyeberang ke Ethiopia. Sayang aku tidak bisa mendapatkan visa kedua negara tersebut sehingga aku memutuskan untuk terbang langsung ke Dar Es Salaam dari Kairo.

Kota Dar Es Salaam Dari Pention Tower, Bangunan Tertinggi di Kota ini

Tiga hari di Dar sendirian membuatku bosan sehingga ku melanjutkan perjalanan dengan Ferry ke  Zanzibar dengan ibukotanya Stonetwon. Aku memesan tiket VIP yang tak lain dan tak bukan adalah dek paling atas tanpa AC dan tentu saja tanpa tempat duduk.

Suasana Pasar Stonetown

Kapal-Kapal Nelayan Stonetown

Di Zanzibar aku tinggal di sebuah guesthouse yang sangat kekeluargaan, Zanzibar Beach House di kawasan Fuji Beach. Sayang penginapan ini sekarang sudah tidak ada. Disini aku setiap hari menikmati indahnya matahari terbenam setiap hari.

Sunset di Fuji Beach Bersama Anak-anak teman berenangku.

Temanku John dan Margit dalam sunset Fuji Beach. Foto ini memenangi Photo of The Day di Webshots tahun 2009

Teman-Teman Berenangku di Fuji Beach

Bersama Nazuru dan Mwazuma di Zanzibar Beach House, Fuji Beach

Di hari ketiga aku di Zanzibar, aku sempat ikut Spicy tour yang sangat tidak penting karena hanya tour untuk melihat rempah-rempah. Bah ngapain juga aku ikut. Tapi ada satu pantai di bagian barat Zanzibar yang kulihat cukup indah tapi sayang aku lupa namanya.

Pantai yang namanya tak kuingat…..:-p

Bersama tiga gadis cantik dari Swedia yang menginap bareng di Zanzibar Beach House, aku sempat pergi  ke Prison Island untuk berenang dan bermain-main dengan penyu raksasa.

Kepala Seekor Penyu Raksasa di Prison Island

Setelah 7 hari di Fuji Beach, aku melanjutkan perjalananku di Zanzibar ke arah utara tepatnya di Kendwa Beach. Disini aku menginap selama dua malam.

Sepasang muda-mudi yang lagi asyik menikmati suasana romantis sunset Kendwa Beach

Suasana Kendwa Beach Di Siang Hari

Kendwa Beach Sunset

Dari Kendwa Beach, aku berjalan kaki ke Nungwi Beach yang terkenal  melewati beberapa daerah rawan rampok.

Nungwi Beach Zanzibar

Nungwi Beach……

Dari Nungwi aku kembali ke Fuji Beach sebelum balik ke Dar dengan dala-dala (Angkot).

Seorang Nelayan Di Fuji Beach

Pasporku sempat dicuri orang yang minta tebusan di Stonetown ketika mau beli tiket kapal ferry. Syukur aku bisa mendapatkan kembali pasporku setelah negosiasi yang alot dengan kelompok pencuri,  tentunya dengan sejumlah uang.

Suasana Pantai Stonetown, Zanzibar

Dari Zanzibar, aku kembali ke Dar. Disini aku bertemu teman baru bernama Tim dan dimulailah petualangan gila kami di bar-bar di Dar Es Salaam.

Posta Area Dar Es Salaam, tempat berkumpulnya para traveler

Bosan di Dar, aku dan temanku Tim pergi ke Mbeya naik kereta api sebelum menyeberang ke Malawi.

Kereta Api dari Dar Ke Mbeya, Foto ini menjadi Photo of The Day di Webshots tahun 2010

Suasana Kota Mbeya yang Sepi

Balik dari Malawi, aku memutuskan kembali ke Dar dan tak jadi meneruskan perjalananku ke Selatan Afrika karena aku mendapatkan tawaran kerja yang menarik. Di Malawilah aku memutuskan untuk membatalkan perjalanan keliling duniaku.      Aku kembali ke Dar, aku bersama beberapa teman traveler yang lain menghabiskan waktu bareng sebelum berpisah karena perbedaan tujuan. Malam sebelum kami berpisah, teman-teman dari KBRI Dar mengundang kami makan malam. Sayang, aku selalu parah dalam forotgrafi jurnalistik sehingga aku tidak mengambil momen makan malam tersebut….:-p.

Sea Cliff, tempat terakhir yang aku tongkrongin di Dar Es Salaam. Disini aku berpisah dengan teman-temanku

Aku melanjutkan perjalanan ke Arusha untuk bersafari.

Suasana Kota Arusha

Dari kota Arusha, aku dan teman jalanku Jane  menyinggahi kota yang bernama aneh Mwa To Mbu yang artinya “Kota Nyamuk”. Dari kota ini kami bersafari selama 4 hari tiga malam di Lake Manyara, Ngoro-ngoro dan Serengeti. Perjalanan safari kami mulai dari Lake Manyara

Lake Manyara

Dik Dik, Binatang Sejenis Kancil Yang Kutemukan di Kawasan Lake Manyara

Hari kedua safari kami menyusuri Ngorongoro Crater

Singa dan Mobil Safari di Ngorongoro

Serengeti National Park adalah salah satu tempat favoritku di dunia selain Jerusalem dan  Tibet. Tempat ini adalah adalah tujuan safari kami berikutnya.

Serengeti National Park

Hartebeast di Serengeti

Dalam perjalanan pulang ke Arusha, kami sempat singgah sebentar di Olduvai Gorge yang diyakini asal muasal manusia tertua di muka.

Olduvai Gorge, Katanya di tempat ini manusia tertua ditemukan….

Olduvai Gorge adalah tempat terakhir yang kami tuju dalam safari kami sebelum balik ke Arusha. Di tengah perjalanan, aku sempat berdebat hebat dengan Jane perihal teori evolusi. Di Arusha, aku dan Jane hanya menginap satu malam dan setelahnya kami benar-benar berpisah. Jane ke Ethiopia dan aku ke Kenya yang lagi rusuh………..

Foto-Foto Perjalananku lainnya ada di:
Perjalananku Di Mesir Dalam Gambar

Perjalananku Di Malawi Dalam Gambar

Copyright: Jhon Eerickson Ginting
Sumber: Pengalaman Pribadi
Copyright Photo’s : Jhon Erickson Ginting

About these ads