“Ada Wanita Afrika Cantik di Afrika?”


Pertanyaan seperti judul diatas sering ditujukan kepadaku sewaktu aku kembali ke Indonesia. Sebagian besar yang bertanya adalah teman-temanku yang memang belum pernah melancanong  ke Benua Afrika. Tentu saja mereka meragukan kecantikan wanita-wanita Afrika. Aku sudah pernah menjelaskan konsep kecantikan versi Afrika di dalam tulisanku sebelumnya yang berjudul  Big Is Beautiful dimana sebagian besar suku di benua ini menganggap wanita  yang bertubuh subur sebagai wanita cantik. Tapi, kriteria cantik Afrika tak akan berlaku di bagian dunia yang lain kalau ukuran tubuh subur sebagai patokannya. Jadi, dalam tulisanku ini aku akan memakai patokan bentuk fisik yang umumnya dipakai untuk kriteria wanita cantik.

Kalau salah satu kriteria wanita cantik adalah wanita yang berkulit putih mulus, wanita-wanita Afrika tentu saja tidak akan pernah dikategorikan cantik kecuali wanita-wanita di Afrika Utara yang keturunan Arab. Nah, singkirkan dulu soal warna kulit tentunya karena kecantikan tidak hanya ditentukan oleh warna kulit yang putih mulus. Kalau kriteria untuk wajah yang enak dilihat dipakai sebagai salah satu kategori, aku berani taruhan banyak wanita Afrika yang lebih cantik daripada orang Indonesia. Aku pernah bertemu dengan banyak wanita Afrika  yang mempunyai kecantikan wajah yang sangat eksotis  di Zanzibar, Kenya, Uganda, dan Rwanda.

Terus terang, aku sangat  terpesona dengan kencantikan wajah front office girl di Hotel Okapi tempat aku menginap di Kigali bernama Balbie. Kecantikan wajah Balbie melambangkan kecantikan wanita Afrika yang eksotis. Wajahnya cantik dengan  bentuk tubuh yang langsing dan proporsional serta lekuk tubuh yang indah sempurna, sangat cocok dengan kulitnya yang gelap. Di Uganda, aku berteman dengan Fiona yang mempunyai wajah sangat eksotis dengan body yang aduhai. Jangan tanya soal kecantikan wanita-wantia blasteran Arab-Afrika di Kenya dan Zanzibar, sangat eksotis!!! Hanya di Tanzania daratan dan Malawi saja aku sulit menemukan wanita Afrika yang berwajah cantik. Itu juga diakui oleh teman-temanku dari berbagai negara lain yang juga menjelajahi Afrika.

Kalau yang dipakai bentuk tubuh, terus terang bentuk tubuh wanita Afrika jauh lebih menarik karena tubuh mereka penuh dengan  “lekukan-lekukan ekstrim” yang indah. Bicara soal bokong indah, terus terang aku sangat kagum dengan bentuk bokong wanita Afrika yang bisa dikatakan sangat sempurna. Dibanding bentuk bokong wanita-wanita Asia yang cenderung rata, bokong wanita-wanita Afrika sangat montok dan berisi. Sulit untuk mata untuk tidak menatap bokong-bokong indah tersebut. Demikian juga dengan bentuk dada yang sangat berisi, pokoknya nggak ada matinya.

Tulisan ini bukan mengajak merubah pandangan orang-orang tentang kecantikan, hanya sekedar memberitahu bahwa berkulit hitam belum tentu tidak cantik. Siapakah yang meragukan kecantikan Naomi Cambell, Tyra Banks, dan Iman istrinya David Bowie. Mereka semua asli kulit hitam keturunan Afrika. Aku tidak berbicara tentang Hale Barry, Mariah Carey, Beyonce yang punya darah campuran dengan kulit putih. Lagipula apalah artinya kecantikan ragawi kalau tidak dibarengi dengan kecantikan hati? Sebuah kalimat klise yang aku rasa masih penting untuk dimunculkan. Untuk melihat keaslian wanita-wanita cantik Afrika, para pembaca bis mengunjungi website ini http://www.pinterest.com/thailynnchoice1/african-and-other-real-black-women/

Notes: Istriku tidak pernah percaya kepadaku soal konsepku tentang kecantikan…dia punya konsep sendiri…jadi boleh percaya atau tidak dengan tulisanku kali ini…:-p

Copyright: Jhon Erickson Ginting
Sumber: Pengalaman Pribadi

About these ads